Tips menghadapi ujian


Ujian merupakan hal yang paling membuat para siswa ataupun pelajar menjadi cemas sekaligus khawatir. pada kurikulum dahulu menitik beratkan nilai sebagai penentu sebuah kelulusan  siswa. sehinga siswa melakukan berbagai cara agar nilai bagus.

Namun hal tersebut tidak berlaku lagi dalam sistem kurikulum pembelajaran tahun ini, karena penentu sebuah kelulusan suatu siswa tidak hanya ditentukan oleh nilai ujian siswa tersebut, tetapi dengan berbagai nilai serta aspek siswa di masing-masing sekolah.

Meskipun begitu, ujian tetaplah menjadi suatu hal yang sangat di takuti siswa, terlebih jika dia tidak belajar dengan giat serta tetap mengisi waktu mereka dengan bermain, bermalas-malasan atau hal lainnya ketika sudah mendekati waktu ujian tiba.

Untuk itu, di sini saya akan membahas artikel yang berisi tentang tips belajar ketika menghadapi ujian.
Berikut tips belajar untuk menghadapi ujian disekolah :

1. Disiplin dan Giat Belajar
Giat belajar serta sikap disiplin merupakan hal terpenting dalam menyikapi ujian. Karena dengan kita bersungguh-sungguh maka hasilpun tidak akan menghianati proses yang kita lakukan.

2. Percaya Diri
Sikap percaya diri.percaya diri adalah percaya kepada kemampuan sendiri dan yakin bahwa kita pasti bisa, contoh yang sangat sederhana adalah tidak mencotek ketika ujian berlangsung.

3.Pilih waktu belajar yang tepat
pemilihan waktu yang tepat dalam belajar sangat mempengaruhi sistem kerja otak,dengan waktu yang tepat maka otak kita akan lebih  berkonsentrasi penuh sehinga materi lebih mudah kita tangkap.

4.Berikan waktu untuk istirahat
Belajar boleh semangat tapi jangan lupa istirahat.karena otak tidak bisa kita paksa percuma memaksakan diri kalau pikiran sudah mulai suntuk dan lelah yang ada materi hanya sekedar kita baca tetapi tidak ada yang dapat kita pahami.

5. Pahami Materi Pelajaran
Pahamilah materi mata pelajaran yang akan diujikan, karena memahami lebih baik daripada menghafal. Jangan pernah menggunakan sistem B1M (Belajar Satu Malam) karena otakpun tidak akan bisa menampung banyak materi dengan waktu yang singkat, juga akan berdampak pada konsentrasi kamu dikarenakan kurangnya jam tidur.

6. Latihan Soal Ujian
Berlatihlah untuk mengerjakan soal-soal ujian, baik itu soal ujian tahun sebelumnya, soal latihan yang diberikan oleh guru, ataupun soal materi yang sedang diajarkan. Karena pada siklusnya, soal ujian dari tahun ke tahun tidak mengalami perubahan yang signifikan, sehingga dengan mempelajari latihan soal tersebut, maka kamu bisa memahami soal yang akan diajukan.

7. Gunakan Strategi untuk Mengerjakan Soal Ujian
Strategi merupakan hal terpenting dalam berbagai bidang, sama halnya dengan mengerjakan soal ujian, kamu juga harus menyusun straegi ataupun taktik yang bisa diterapkan. sebagai contoh; kerjakan soal yang lebih mudah dulu, karena jika kamu memaksa untuk mengerjakan soal yang sulit, maka kamu akan membuang waktu yang berharga untuk mengerjakan soal lainnya.


Itulah beberapa tips dari junsatu yang bisa kamu terapkan dalam menghadapi ujian, baik itu ujian kenaikan sekolah, ujian nasional, ujian sekolah dan berbagai ujian lainnya. Jika kamu menerapkan beberapa tips diatas dengan sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin jika kamu bisa mendapatkan nilai yang sempurna dan menjadi siswa berprestasi dalam sekolah.
sekian tips kali ini Terimakasih atas kunjunganya sobat semog dapat membantu dalam belajar SEMANGATT.
Previous
Next Post »