Renana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

                     


                                       RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
               (RPP)
  

          Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan Komunikasi
          Kelas / Semester          : I / Ganjil
          Pertemuan ke-             : 1
         Waktu                         : 2  X 30 menit

Standar Kompetensi            : Menjelaskan pengertian perangkat keras dan lunak dalam
 komputer
             Menjelaskan fungsi perangkat keras dan lunak komputer
             Mengenal dan menunjukkan Perangkat komputer
Kompetensi Dasar                : Mengenal teknologi informasi dan komunikasi secara
                                                  sederhana
Indikator                               : Mengenal Perangkat keras dan perangkat lunak komputer
                                     Memahami kegunaan perangkat keras dan lunak komputer

Tujuan           
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
a.      Mengenal pengertian perangkat keras komputer
b.      Menunjukkan jenis perangkat keras komputer  dalam kehidupan sehari-hari
c.      Menghargai karya cipta di bidang teknologi informasi dan komunikasi
Karakter siswa yang diharapkan :
                  Disiplin ( Discipline )
                  Tekun ( diligence )
                  Tanggung jawab ( responsibility )
                  Ketelitian ( carefulness)

Materi Pokok / Pembelajaran : Mengenal Perangkat Keras Komputer

Metode Pembelajaran : penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab


Langkah-langkah Pembelajaran
·          Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-          Siswa dapat menyimak materi
-          Siswa mencatat hal – hal pokok yang dijelaskan
-          memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
-          melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
-          memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
-          memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
-          memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
-          memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-          memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-          memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
-          memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-          memfasilitasi peserta didik melakukan  kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

·         Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-          Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-          Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

·         Kegiatan Akhir :
Dalam kegiatan Akhir, guru:
-          memberikan tugas tertulis di rumah
-          berdo’a dan mengucapkan salam 

·         Alat/Bahan/Sumber
a. Alat/Bahan :
o       Whiteboard+Spidol
o       Infokus+Slide Presentasi pengenalan TIK

b. Sumber :
o       Buku TIK Kelas 1 (Penerbit Erlangga)
o       Internet

·         Penilaian (Autentic Assesment)
o         Tes Tertulis (Mengerjakan Soal Latihan )

  
   Penilaian
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


  Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

4
2
1


 LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.








CATATAN :
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.








Mengetahui,
Kepala SD.....................




...................................
Bekasi, ................
Guru Bidang Studi 




...............................



Previous
Next Post »