(RPP)
Mata Pelajaran :
Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kelas / Semester :
I / Ganjil
Pertemuan ke- :
1
Waktu :
2 X 30 menit
Standar Kompetensi
: Menjelaskan pengertian perangkat keras dan lunak dalam
komputer
Menjelaskan fungsi perangkat keras dan lunak komputer
Mengenal dan menunjukkan Perangkat komputer
Kompetensi Dasar
: Mengenal teknologi
informasi dan komunikasi secara
sederhana
Indikator : Mengenal Perangkat keras dan perangkat lunak komputer
Memahami
kegunaan perangkat keras
dan lunak komputer
Tujuan
Mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK)
bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.
a. Mengenal
pengertian perangkat keras komputer
b. Menunjukkan
jenis perangkat keras komputer dalam kehidupan sehari-hari
Karakter siswa yang
diharapkan :
Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Materi Pokok /
Pembelajaran : Mengenal Perangkat Keras Komputer
Metode Pembelajaran :
penugasan, ceramah, diskusi, tanya jawab
Langkah-langkah
Pembelajaran
·
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
-
Siswa dapat menyimak
materi
-
Siswa mencatat hal –
hal pokok yang dijelaskan
-
memfasilitasi
terjadinya interaksi antar peserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya;
-
melibatkan peserta
didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
-
memfasilitasi peserta
didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
·
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
-
memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
-
memberi kesempatan
untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa
takut;
-
memfasilitasi peserta
didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
-
memfasilitasi peserta
didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
-
memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
-
memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri
peserta didik.
·
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
-
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
-
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
·
Kegiatan
Akhir :
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
-
memberikan tugas tertulis
di rumah
-
berdo’a dan mengucapkan
salam
·
Alat/Bahan/Sumber
a. Alat/Bahan :
o Whiteboard+Spidol
o Infokus+Slide
Presentasi pengenalan TIK
b. Sumber
:
o Buku
TIK Kelas 1 (Penerbit Erlangga)
o Internet
·
Penilaian
(Autentic Assesment)
o Tes
Tertulis (Mengerjakan Soal Latihan )
Penilaian
FORMAT KRITERIA
PENILAIAN
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
|
CATATAN :
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
Mengetahui,
Kepala SD.....................
...................................
|
Bekasi, ................
Guru
Bidang Studi
...............................
|
ConversionConversion EmoticonEmoticon