Medi penyimpanan data

                                         MEDIA PENYIMPAN DATA

Media penyimpan data adalah Alat yang digunakan untuk menyimpan data atau program Diamana data yang disimpan tersebut dapat dibaca kembali untuk  diprose oleh komputer.
Media penyimpan data dapat dibedakan sebagai berikut:


1.      Media Penyimpan Utama (Internal Storage) yaitu:
RAM  (Random Access Memory) dan
ROM (Read Only Memory)
            

2.      Media Penyimpan Cadangan (External Storage) antara lain  yaitu:
Hardisk, Magnetik disk, Optic disk, Flash disk

      Hard disk

Hard disk merupakan media penyimpan data luar (External Storage) yang berfungsi meyimpan data atau program dalam kapasitas yang besar. Data yang tersimpan di hardisk sifatnya permanen artinya data tidak hilang meskipun komputer dimatikan  dan dapat digunakan jika suatu saat dibutuhkan. Kapasitas atau kemapuan menyimpan hard disk: mulai dari  540 MB, 1GB sampai dengan 120 GB dan akan semakin terus bertambah kapasitasnya.
Beberapa merek hardisk antara lain : Maxtor, Seagate, Fujitsu, dll

         Floppy Disk (Disket)

Merupakan media penyimpan data magnetik diskterbungkus oleh plastic protektif tipis dan keras. Data yang tersimpan di dalam disk ini sifatnya permanen tidak terpengaruh daya atau arus listrik jika suatu saat diperlukan data tersebut dapat di ambil atau dibaca kembali. Ukuran yang umum diperdagangkan ada yang 5 ¼” dengan kapasitas penyimpanannya  1,2 MB dan   3/5 “ sedangkan kapasitasnya  penyimpanya  1,44 MB. Media penyimpan ini dapat digunakan hampir disemua jenis komputer. Merek  yang ada dipasaran  antara lain adalah:FUJI, Verbatim, Sony dll

       
         CD/DVD
Merupakan media penyimpan  data optical disk berbentuk piringan  dengan kapasitas penyimpan data besar. Yang paling sering dipakai adalah CD-R (Recordable)  dapat menyimpan data sampai  700 MB, hanya dapat menyimpan sekali tidak dapat diulangi. Sedang CD-RW (Rewriteable) dapat membaca dan menyimpan / menulis data  berkali-kali.  DVD-R dan DVD-RW adalah salah satu media penyimpan optical disk lain yang mempunyai kemampuan atau kapasitas penyimpan  data hingga ukuran diatas 10 GB  dalam 1 piringan

                               Beberapa merek CD/DVD  antara lain:  Sony, Verbatim dll

         Flash Disk
Flash disk merupakan media penyimpan data dengan kapasitas penyimpan cukup besar, Flash disk  dihubungan pada komputer melalui  USB (Universal Serial Bus).  Dibanding  disket/CD Flash disk akses datanya relatif lebih cepat   hampir sama dengan hardisk. Saat ini harganya masih relatif mahal tergantung kapasitas dan mereknya. Kapasitasnya bervariasi mulai dari  64 MB, 128 MB, 512 MB dts.
                                  Merek yang ada dipasaran antara lain:  Kingston, Sundisk, dll
Previous
Next Post »