Cara instal windows 7


                                                         Tutorian Instalasi Windows 7


Tutorial ini berisi tentang bagaimana cara menginstall windows 7 pada komputer maupun laptop. windows 7 merupakan salah satu sistem operasi windows yang sangat populer saat ini.
Windows 7 dirilis untuk umum pada tahun 22 Oktober 2009. Meskipun terdapat versi yang lebih baru yaitu windows 8 dan windows 10, windows 7 tetap banyak di gemari oleh banyak orang karena lebih simple dan mudah di pahami.
pertama-tama sebelum menginstal windows 7 kita seting BIOS terlebih dahulu untuk mengubah booting pertama kali dari HDD.menjadi CD/DVD .untuk lebih detailnya baca: Cara seting BIOS sebelum instalasi

                                LANGKAH LANGKAH INSTALASI WINDOS 7
1. Mulai Proses Instalasi Windows 7 dari DVD Windows 7 Installer, Tekan sembarang   tombol pada keyboard,(waktunya hanya 5 detik, bila 5 detik tidak ada input tombol dari   keyboard, proses tidak akan terjadi, harus restart lagi) 

2. Pada langkah ini jangan lakukan apapun

3. isi data seperti gambar di bawah ini,lalu klik next

4. Klik I accept the license terms, kemudian Klik Next 

5. Klik Custom (advanced) - Langkah ini akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus semua sistem yang lama 
6. Pada langkah ini Penting terdeteksi). Untuk Mengatur Partisi Yang akan diinstal Windows 7 Yang Baru. Gambar di bawah ini contoh Komputer yang memiliki 3 Partisi, Pertama System Reserved, Kedua Windows 7 lama atau C:, dan Ketiga Data alias D: Catatan: Jika Pada Gambar dibawah ini pada kotak tersebut kosong maka, hardisk kemungkinan rusak atau kabel ke hard disk tidak bagus (tidak)

7. Delete Partisi System Windows Yang Lama, maka sistem Lama (C:) akan terhapus, dan My Documents pun akan terhapus seluruhnya, karena My Document termasuk C: Untuk partisi D data didalamnya tidak terhapus untuk itu lebih baik menyimpan data jangan di partisi system/C karena data rawan hilang pada proses instalasi ulang atau clean instalasi. Kemudian arahkan kursor, Delete Partisi dengan Klik Delete, kemudian klik OK –sampai tampilan pada gambar berikutnya 
8. Arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan diisi Windows 7 Yang Baru, Klik New Kemudian Klik OK - OK (Untuk diketahui, disini ada suatu nilai berapa Byte Hard Disk) 

9. Maka Tampilan akan seperti berikut, Kemudian arahkan Kursor Pada Partisi Yang Akan Diinstall Windows Yang Baru (Primary), Kemudian Klik Next 

10. Setelah itu Proses Instalasi berjalan secara otomaist. Jangan klik apapun, biarkan saja sampai restart dengan sendirinya

11. Jika Pada saat Expanding Windows files ada error, berarti memory laptop/komputer rusak. Kalo lancar, Windows akan restart otomatis. 
Catatan:Jika menggunakan DVDtidak melakukan apapun, tapi jika menggunakan Flash disk setelah gambar berikut (restart) Flash disk HARUS dicabut. 


12. Setelah Restart, pada langkah ini jangan klik apapun, kalo kita klik nanti mulai lagi seperti langkah di atas. (Jika memakai flash disk tidak ada gmbr dibawah ini, karena sudah dicabut). 

13. Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini

14. Lalau windows akan Menyempurnakan Proses Instalasi,Biarkan saja, jangan klik apapun. 

15. Proses Instalasi Windows hampir selesai, dan akan restart otomatis, jangan klik apapun. 

16. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini

17. Isi Nama untuk Komputer, Kemudian Klik Next 

18. Isi Password bila tidak mengunakan password bisa dikosongkan. 

19. Apabila sudah memiliki Pruduk Key Windows 7, ketik kodenya dalam kotak tersedia, dan klik Automatically activate Windows. Jika belum mempunyai kode, jangan diisi apapun, Disebelah Next nanti ada Skip, jadi Klik Skip. 

20. Klik Use recommended settings 

21. Langkah terakhir menyeting waktu

22. Selamat Proses Instalasi sudah Sempurna, Namun bagi yang belum memasukan kode windowsnya (atau belum di aktifkan-activated), maka sempurnanya windows tersebut hanya berlaku 30 hari. 




CATATAN:Setelah selesai install windows 7 sebaiknya install juga drivernya seperti Graphics driver, Audio Driver, Network Driver (yg berhubungan dgn driver sesuai merknya Namun Pada beberapa Merk Komputer/Laptop, biasanya tidak perlu instalasi driver karena sudah terintegrasi dengan Windows 7. "Driver" harus diinstall supaya Laptop / Komputer berjalan dengan semaksimal mungkin. 





Previous
Next Post »